Tahun Baru, IPNU-IPPNU Jombang dan Diwek Adakan Makesta Gabungan

Mengawali tahun baru 2013, Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Jombang dan Diwek menggelar Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) gabungan di Graha Gusdur, Denanyar, Jombang, Rabu-Kamis (2-3/01/13).

Kegiatan yang diikuti oleh 52 orang peserta ini mengambil tema “Menumbuhkembangkan Semangat Nahdliyin di Kalangan Pelajar”.

Terkait tema tersebut, ketua pelaksana kegiatan, Choirul menjelaskan bahwasannya Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU Jombang dan Diwek berkeinginan untuk menanamkan jiwa nahdliyin kepada para calon anggotanya sejak dini. Sehingga kedepan dapat menjadi kader-kader militan dan penerus perjuangan Nahdlatul Ulama.

Sementara itu, Cak Yidin ketua MWC NU Ngoro yang didaulat sebagai narasumber berharap kader-kader IPNU-IPPNU dapat meneruskan semangat perjuangan para ulama NU terdahulu, layaknya Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari (Pendiri Nahdlatul Ulama), KH. Wahab Hasbullah serta ulama-ulama NU lainnya dalam memperjuangkan Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah di bumi Indonesia.

“IPNU-IPPNU harus meneladani semangat dan perjuangan ulama-ulama terdahulu, khususnya ulama-ulama NU seperti Mbah Hasyim, Mbah Wahab serta Mbah Bisri yang tidak kenal lelah untuk berjuang demi kemaslahatan ummat” tuturnya.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini juga mempunyai keunikan tersendiri. Sebab, selain diberikan materi-materi pengkaderan yang biasanya menjadi menu Makesta. Para peserta juga diajak untuk berout bond ria serta melewati beberapa pos ujian yang telah disiapkan panitia.

Pos pertama, para peserta diharuskan menghafal mars IPNU-IPPNU yang dimaksudkan untuk menanamkan cinta kepada organisasi. Sementara pada pos kedua, para peserta diharuskan merayap melalui terowongan yang telah disiapkan oleh panitia sebagai bentuk ujian fisik sebelum akhirnya disumpah untuk menjadi kader-kader yang militant dan dapat mengembangkan IPNU-IPPNU di rantingnya masingmasing.

Terakhir, panitia memberikan penghargaan kepada peserta terbaik serta sertifikat dan gantungan kunci bertuliskan IPNU-IPPNU kepada masing-masing peserta sebagai tanda kelulusan dalam mengikuti pelatihan ini.

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.