SUKSES GELAR MAKESTA, PKPT IPNU IPPNU INAIFAS BERHARAP KADER MILITAN

Jumat (05/01), Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah (PKPT INAIFAS) mengadakan kegiatan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) yang bertempat di Kantor Pimpinan Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kencong. Pelaksanaan Makesta sendiri, diadakan seusai acara pelantikan PKPT INAFAS masa khidmat 2020-2021. Yang mana ketua IPNU IPPNU terpilih, yaitu Rekan Muhammad Jauharun Nahru dan Rekanita Hanifatul Fitria. Kegiatan tersebut, diadakan di Ruang Auditorium Lantai I INAIFAS.

Sedangkan kegiatan Makesta berlangsung selama tiga hari dua malam, dan diikuti oleh 18 peserta (calon anggota baru). Para peserta sendiri, berasal dari masing-masing fakultas, yaitu Fakultas Tarbiyah, Fakultas Syariah, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Kegiatan Makesta kali ini mengusung tema “Membentuk Kader Militan Melalui Koridor Aswaja An-Nahdliyah Guna Menumbuhkan Jiwa Organisator untuk Menghadapi Tantangan Masa Depan.”

Tema tersebut dipilih, dengan melihat berbagai pertimbangan dan pengamatan di lapangan terkait dengan jiwa kepemudaan era saat ini. Dimana dunia yang bersifat dinamis ini, mengantarkan manusia pada zaman yang selalu berubah-ubah pula. Pemuda sebagai penerus bangsa harus mampu beradaptasi dan mengatasi hal terssbut. Pola pikir dan juga manajemen pemuda perlu ditingkatkan untuk menghadapi berbagai tantangan zaman. Adanya organisasi kepemudaan NU ini bertujuan untuk menjawab itu semua. Pemuda NU dididik agar mampu untuk mengatur/mengorganisasi berbagai tantangan ke depannya dengan tetap berpegang teguh pada ideologi Aswaja An-Nahdliyah.

Maka dari itu, output dari kegiatan Makesta ini ialah, agar pemuda NU memiliki jiwa organisatoris dalam mengatasi berbagai tantangan zaman yang selalu berubah-ubah, namun dengan tetap berpegang teguh pada Aswaja An-Nahdliyah.

“Masa kesetiaan anggota (Makesta), dimana gerbong awal atau jenjang pengkaderan pertama kali di IPNU IPPNU dimana nantinya peserta atau calon anggota disebut sebagai anggota IPNU IPPNU.
Proses awal ini bisa kita kaitkan dengan niat karna dimana ketika kita akan melakukan sesuatu itu harus di awali dengan niat. Maka dari itu peserta atau calon anggota harus jelas niatan mereka ini sbnrnya mengikuti acara makesta.” Kata Ketua PKPT IPNU (M. Jauharun Nahru).

Makesta sendiri merupakan pelatihan jenjang awal dalam sistem kaderisasi formal IPNU IPPNU sekaligus menjadi persyaratan untuk menjadi anggota IPNU IPPNU yang sah. Seperti halnya rumah makesta ini merupakan pintunya, kita tidak bisa memasuki rumah tersebut jika kita tidak melewati pintunya, sehingga para anggota nantinya diharapkan memiliki kesetiaan kepada organisasi.

Hanifatul Fitria (Ketua PKPT IPPNU INAIFAS), juga menambahakan bahwa, seperti halnya melamar seorang kekasih makesta ini merupakan khitbahnya dimana ada ikatan yang setia untuk meminangnya,
Ya begitulah MAKESTA dimana dalam pengkaderan ini merupakan wujud kesetiaan kita dan bukan alasan lagi jika kita tidak bergabung didalamnya.

“Saya dan juga para anggota lainnya selalu bersinergi dan mengupayakan agar PKPT IPNU IPPNU ini semakin meningkat dan tumbuh subur.

Dengan diadakannya Makesta ini, para calon anggota baru dididik dengan berbagai materi dasar tentang Ke-NU-an yang bertujuan untuk memperkenalkan serta menumbuhkan kecintaan pada organisasi yang berideologi Ahlussunah Wal Jamaah ini.

Penulis: Akhsani Ulvatun Ni’mah,

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.