Ribuan Pelajar Jatim Ikuti Doa Bersama Sukses Ujian Nasional

Surabaya, Ribuan pelajar tingkat SMP dan SMA dari Surabaya dan sekitarnya mengikuti “Doa Bersama Sukses UN 2013” yang digelar Pimpinan Wilayah IPNU Jawa Timur di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Sabtu (

Dalam acara tersebut para peserta mendapat banyak motivasi dari berbagai kalangan, diantaranya yakni Wakil Gubernur Jawa Timur, Drs. H. Syaifullah Yusuf, Kepala Kanwil Kementerian Agama Jawa Timur, H. A. Sudjak,M.Ag, serta ketua Tanfidziyah PWNU Jawa Timur, KH. Mutawakkil Alallah.

“Doa itu penting, karena itu apa yang dilakukan PW. IPNU Jatim  sudah tepat. Sebab para pelajar sudah melakukan serangkaian persiapan belajar, termasuk try out, maka doa ini merupakan puncak dari ikhtiar itu,” kata Gus Ipul.

Mantan ketua PP. GP Ansor ini juga berterima kasih kepada PW. IPNU Jawa Timur yang turut membantu pemerintah melakukan pembinaan pelajar.

“Jepang dan Amerika juga memberikan otonomi pendidikan kepada kabupaten/kota atau provinsi, karena pembinaan pelajar itu penting,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Jatim HA Sudjak MAg menilai upaya maksimal pelajar di Jatim itu berperan dalam mendukung peringkat pelajar Jatim yang selama ini sering menjadi “langganan” juara.

“Karena itu, kita sebaiknya banyak belajar dan berdoa agar Jatim menempati peringkat terbaik se-Indonesia dalam nilai UN,” katanya.

Senada dengan itu, Ketua PWNU Jatim KH Mutawakkil Alallah mengajak para pelajar untuk memperhatikan pentingnya berdoa, sebab sukses itu juga berkat usaha manusia dan pertolongan Allah SWT.

“Dengan banyak berdoa dan melakukan iktikaf, maka malaikat akan mengelilingi kita untuk mengamini permohonan kita kepada Allah SWT. Allah SWT sendiri menjamin berdoalah, pasti aku kabulkan,” katanya.

Ketua PW. IPNU Jawa Timur, Imam Fadlli, menjelaskan kegiatan ini diikuti sekitar 3.000 pelajar dari puluhan SMP-SMA di Surabaya dan sekitarnya.

“Ada pula perwakilan pelajar dari 38 kabupaten/kota di Jatim yang memiliki perwakilan IPNU,” kata Fadlli

Ia menambahkan Doa Bersama Sukses UN 2013 itu merupakan usaha terakhir setelah belajar, mengikuti bimbingan tes, “try out”, dan sebagainya.

Di sela-sela doa bersama, seorang pelajar SMA IPIEMS Surabaya, Jerry Tanjung, mengaku doa bersama itu akan membantu dirinya dan teman-temannya untuk menguatkan mental.

“Kalau mental kita kuat, maka kita akan dapat mengerjakan soal UN dengan percaya diri, sehingga sukses,” katanya.

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.