Rakerancab PAC IPNU-IPPNU Sugio, Sisipkan Sikap Kebangsaan dan Anti Radikalisme

ipnujatim.or.id, Babat– Beberapa hari berselang dari pelantikan (29/04/2018), Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongam melaksanakan Rapat Kerja Anak Cabang (RAKERANCAB) Season 1 (15-16/05). Kegiatan yang mengusung tema “Iki Sugio REK, Gak Gedabrus Tok. Teori Ojo Keri, Praktek Kudu Akas. Nek Wes Niat, Sepiro Abote, BUDHAL !!!”, ini diselenggarakan di kantor PCNU Kabupaten Tuban.

Ketua PAC IPNU Sugio, Amin Zamzah  menyampaikan dalam sambutanya bahwa PAC Sugio harus menitikberatkan pada pengkaderan yang ada di setiap Pimpinan Ranting (PR), Pimpinan Komisariat (PK) bahkan Pimpinan Anak Ranting (PAR). Hal ini menurutnya untuk memastikan di setiap desa telah terbentuk kepengurusan IPNU-IPPNU. “caranya, tak lain kita harus melakukan roadshow Ramadhan” imbuhnya.

Ia juga menegaskan bahwa kaderisasi di Sugio harus mampu membentengi pelajar-pelajar agar tidak terpapar ideology radikal. Karena, menurut Amin, peristiwa pengeboman di Polrestabes Surabaya baru-baru ini telah melibatkan anak kecil.

Jadi, anak NU harus di siapkan sejak kecil agar tidak terdoktrin oleh ajaran-ajaran radikalisme dan terorisme” terany Amin.

Amin Zamzah juga berpesan pada akhir sambutannya, bahwa IPNU-IPPNU harus merebut kembali hal yang sudah dijiplak oleh tetangga (OKP lain) yaitu KABAR (Kajian Bareng) dimana KABAR adalah program unggulan PAC.IPNU-IPPNU SUGIO yang hari ini ditiru dan dilaksanakan oleh pihak yang lain. “Tugas hari ini adalah rebut kembali program tersebut”, Pungkasnya.

Adapun Emy Natun Na’imah selaku Ketua PC IPPNU Babat menyampaikan beberapa hal dalam sambutan pengarahannya mewakili pengurus cabang. Ia berpesan Pertama, PAC. IPNU-IPPNU Sugio harus mengaktifkan PR, PAR dan PK. Sebab dengan aktifnya itu akan memperkuat PAC, dan PAC akan memperkuat PC. Sehingga pengkaderan akan terus berlanjut dan bersinergi dari bawah ke atas. Kedua, ia menganggap bahwa PAC. IPNU-IPPNU SUGIO telah menginspirasi Organisasi lain yang meniru program KABAR menjadi KABARMU. Ketiga, ia menegaskan bahwasannya PC. IPNU-IPPNU BABAT sesuai dengan SK, ada 12 wilayah kerja cabang Babat termasuk Sugio.

Kita harus menjadi Kader yang cerdas berorganisasi dan cerdas Administrasi, mengikuti aturan itu penting karena yang tidak mengikuti peraturan dalam negara saja dikatakan sebagai pemberontak, yang saat ini sedang terjadi peledakan bom di Surabaya, di Provinsi kita. Maka kita sebagai Kader NU harus katakan #kamitidaktakut terhadap bentuk teror apapun”, terangnya.

Ia juga mengingatkan bahwa lagu Syubbanul Wathon diciptakan pada tahun 1934, di dalam lagu tersebut terdapat lirik “Indonesia Negriku, Engkau Panji Martabatku, Siapa Datang Mengancammu kan Binasa Di Bawah Dulimu”, sebagai wujud kedahsyatan Nahdlatul Ulama.

Rapat Kerja Anak Cabang Season 1 (RAKERANCAB 1) kali ini ada 2 materi yaitu Capacity Building, yang disampaikan langsung oleh Rekan Khotibul Umam selaku Tim Kaderisasi dan materi Management Program yang disampaikan oleh Rekan Desta Ricsa selaku Wakil Sekretaris PC IPNU Babat. Tidak hanya kegiatan formal, Rakerancab 1 ini akan ditutup dengan ziarah ke makam Sunan Bonang dan rekreasi ke pantai BOM Tuban, harapannya agar tidak terkesan kaku dan membosankan. (Heri Irawan)

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.