Jember – Peringatan World Cleanup Day pada Sabtu (19/09) di Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember tahun ini benar-benar berbeda dari sebelumnya. Hampir seluruh perhatian masyarakat tertuju di sepanjang jalan antara Polsek Wuluhan sampai dengan perbatasan Desa Dukuh Dempok dan Desa Tanjung Rejo Kecamatan Wuluhan.

Moment World Cleanup Day di Kecamatan Wuluhan diikuti sekitar 70 orang relawan yang tergabung dari berbagai organisasi dan komunitas di Kecamatan Wuluhan, meliputi pecinta alam, relawan lingkungan, pramuka hingga organisasi pelajar. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari bersih sedunia yang dikemas dalam bentuk kegiatan bersih-bersih tepi jalanan dan sungai disekitar jalan.” Ujar Rekan M. Wahyu Ulum Udin Aslam selaku ketua kegiatan.

Rekan Udin sapaan akrabnya menambahkan, World Cleanup Day Indonesia (WCDI) Jember memberikan instruksi kepada seluruh komunitas yang ada di kabupaten Jember untuk memperingati hari bersih sedunia. WCDI memberikan beberapa pilihan untuk melaksanakan kegiatan seperti bersih sampah dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya sampah. Melihat hal tersebut, PAC IPNU IPPNU Wuluhan menindak lanjuti dengan memaksakan kegiatan bersih sampah. Harapan dari diadakannya kegiatan ini adalah agar masyarakat sadar untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan, terlebih di aliran sungai yang berdampak pada bencana banjir.

“Kegiatan yang dilaksanakan PAC IPNU IPPNU Kecamatan Wuluhan sangat bagus untuk memberikan edukasi tentang menjaga kebersihan lingkungan, menjaga kesehatan warga setempat dan untuk melatih kita semua bahwa kebersihan lingkungan itu sangat penting, apalagi sungai harus di jaga kebersihannya. Pesan saya, lingkungan dan sungai yang ada harus dijaga kebersihannya. Harapan saya semoga PAC IPNU IPPNU Kecamatan Wuluhan menjadi lebih baik kedepannya dan tambah jaya.” Ungkap M. Kharis Ali Do’ul Alam

Pewarta: Destyan Nico P

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.