Peringati Harlah NU ke-96, Drama Kolosal IPNU SMA Nuris Jember Meriahkan Apel Kader Penggerak NU Jember

Sabtu-Minggu, 29-30 Januari 2022, Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Pelajar Nahdlatul ‘Ulama (IPNU) SMA Nuris Jember mempersembahkan Drama Kolosal berjudul “Nahdlatul Ulama Perekat Anak Bangsa” dalam Acara Panggilan Apel Kader Penggerak NU Jember di Lapangan Taman Bunga, Pondok Pesantren Nurul Islam Antirogo, Jember. Sekitar 45 orang lebih Kader PK IPNU SMA Nuris Jember menunjukkan aksinya dalam Gelar Karya Kolosal, mengisahkan tentang Perjuangan dan Peran Nadhlatul Ulama Sebagai Perekat Anak Bangsa. Drama Kolosal ini juga terinspirasi dari Film Sang Kyai.

PK IPNU SMA Nuris Jember mendapatkan kesempatan tampil pada pukul 23.30 – 01.00. Drama Kolosal berdurasi satu jam setengah tersebut menampilkan atraksi-atraksi perjuangan, pesan-pesan ulama, dan peran Nahdlatul Ulama sebagai Perekat Anak Bangsa. Selain itu, menariknya adalah Apel Kader Penggerak NU Jember tersebut dihadiri oleh sekitar dua ribu peserta dan Ketua PWNU Jember, KH. Marzuki Mustamar.

Ibnu Wicaksono, selaku Penulis Naskah dan Sutradara Drama Kolosal mengaku bangga dan gembira telah diberi kesempatan untuk menampilkan karya. “Waktu itu, saya dipanggi Kyai Muhyiddin, beliau menginginkan agar saya menampilkan sebuah Teater ke-NU-an dalam acara Panggilan Apel Kader Penggerak Nu. Intinya ya sebuah kebanggaan dan tantangan yang luar biasa, bisa diberi kesempatan ini.”

Pembina PK IPNU SMA Nuris Jember tersebut juga menyampaikan para kader PK IPNU SMA Nuris Jember yang menjadi Tim Produksi Drama Kolosal hanya latihan dari bedah naskah sampai gladi kotor hanya seminggu. M. Yanuwar Trihananta, salah satu Kader IPNU SMA Nuris Jember yang berperan sebagai KH. Hasyim Asyari dalam Drama Kolosal menuturkan bahwa butuh perjuangan dalam berlatih, karena ia harus menghapal dialog-dialog yang cukup panjang.

“Tantangannya adalah karena kita mengambil kisah nyata, jadi agak takut kalau ada yang salah. Apalagi ada dialog-dialog yang menunjukkan keilmuwan ulama dan hadist-hadist. Tapi, alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar,” tuturnya. Selain Peringatan Harlah NU ke-96, Pangilan Apel Pagi Penggerak NU Jember tersebut juga diadakan Ijazah Kubro dan Rintisan KOIN RSNU Jember.

Pewarta : IbnuW/jbr Editor : Fatkhul/jbr

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.