Sumenep – Akibat curah hujan cukup tinggi yang melanda Desa Bilapora Barat dan Talaga, Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep pada, Kamis (4/3). Hal ini menyebabkan banjir bah menggenangi area pondok pesantren dan rumah penduduk di dua desa tersebut.

Atas peristiwa tersebut, pelajar NU Sumenep gotong royong melakukan evakuasi dengan melakukan pembersihan lumpur dan material bangunan yang rusak akibat terjangan banjir yang cukup deras.

Sementara itu, Sofwan Ketua Dewan Koordinasi Anak Cabang (DKAC) Corp Brigade Pembangunan (CBP) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ganding menyampaikan, dampak dari banjir tersebut tidak hanya melanda rumah penduduk, tapi juga merendam area pondok pesantren.

“Pondok Pesantren terdampak tersebut terletak di Dusun Bata-Bata, Desa Talaga, Ganding Sumenep. Empat ruang sekolah di Pondok Pesantren Darul Ulum asuhan K Imam Haromain ini rusak di beberapa bagian. Hal tersebut disebabkan karena dua tembok penahan air di area pesantren ambrol,” tuturnya

Ketua PC IPNU Kabupaten Sumenep Zainollah mengatakan, dalam kejadian banjir kali ini pihaknya telah membagi tugas dalam dua tim dan saat itu juga langsung menuju ke lokasi terjadinya banjir guna gotong royong serta bahu membahu membantu warga dalam membersihkan rumah dari reruntuhan dan puing-puing yang roboh.

“Aksi sosial ini dilakukan untuk paling tidak bisa meringankan beban para warga yang terdampak banjir dan bentuk kepedualian terhadap sesama warga Sumenep. Langkah ini menjadi salah satu bagian dari pengabdian terhadap masyarakat” ujarnya.

Kepala Satuan Koordinasi Rayon (Kasatkoryon) Banser Ganding ini menambahkan, banjir yang cukup besar tersebut setinggi lutut orang dewasa. “Hal tersebut mengakibatkan dua rumah warga ambruk akibat terjangan banjir yang cukup deras,” ungkapnya.

Hadir di lokasi kejadian diantaranya Wakil Bupati Sumenep Nyai Dewi Khalifah hadir ke lokasi menyalurkan bantuan. Selain itu, turut hadir pula pengurus  Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Sumenep, Ustadz Abd Syakur Ketua MWCNU Ganding, dan Kader-kader Nahdlatul Ulama’ Kabupaten Sumenep.

Editor: Faqih

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.