Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA) adalah jenjang/pintu pertama untuk masuk di dunia IPNU IPPNU, Hal ini menjadi sangat penting untuk dilalui oleh seorang pejuang IPNU IPPNU.

Di PAC IPNU IPPNU Proppo ini merupakan MAKESTA perdananya setelah dilantik pada bulan september tepatnya 6 bulan yang lalu dan setelah sekian lama vakum dan matinya IPNU IPPNU di kecamatan Proppo, hal ini adalah gerakan yang di tunggu-tunggu oleh semua warga nahdliyin di kecamatan unyuk melakukan kaderisasi dari bawah yaitu lewat IPNU IPPNU.

Pada MAKESTA ini bertempat di Yayasan Bustanul Ulum Ds. Morsongai Ds. Klampar Kec. Proppo Kab. Pamekasan yang kebetulan di bawah pimpinan K. H Fathor Rasyid Sebagai ketua MWC NU Proppo Dan juga Ketua LBM NU Pamekasan.

Dukungan dan apresiasi yang luar biasa dari ketua Tanfidziyah MWC NU Proppo karena beliau gembira dengan adanya pengkaderan seperti ini (MAKESTA) lewat IPNU dan IPPNU Proppo. “Saya sangat mengapresiasi anak-anakku IPNU IPPNU Proppo sudah mulai menampakkan taringnya dan bersama-sama dengan banom lain dalam menghijaukan kecamatan proppo yang saya bisa katakan adalah zona hitam” ucap beliau di sela-sela sambutannya dalam acara Closing ceremony MAKESTA I PAC IPNU IPPNU Proppo.

Realita di lapangan, kecamatan proppo memiliki 27 desa dan merupakan desa terbanyak se kecamatan pamekasan, Namun hal ini tidak seimbang dengan adanya gerak-gerak Ke NU An yang nyata dalam mengawasi dan mempertahankan kebhinnekaan lewat IPNU IPPNU.

Uniknya dalam acara MAKESTA I ini ada sekitar 10 peserta yang belum nyampek umur untuk mengikuti IPNU IPPNU, tapi anak-anak yang notabene SD kelas 5-6 ini sangat antusias untuk mengikuti acara MAKESTA ini meskipun mereka tidak tau pemateri sedang menjelaskan apa dan tidak tau maksud dan tujuan MAKESTA ini.

Ini menjadi hal yang luar biasa untuk membentuk kader-kader militan di IPNU IPPNU lewat mereka (Peserta SD) yang belum mengerti betul terhadap NU maupun IPNU ippnu, Tapi mereka beruntung sudah mengenal NU, IPNU dan IPPNU mulai dari dini.

Acara pembaiatan MAKESTA I ini di buat berbeda oleh seksi keacaraan daripada MAKESTA-MAKESTA yang lain. Pada malam pembaiatan Ini panitia membuat tulisan dari lilin dengan bacaan ‘MAKESTA I PAC IPNU IPPNU PROPPO’dan ada semacam penyucian terhadap peserta dan perenungan terhadap peserta.”Konsep kali ini kami buat berbeda dengan harapan kami yang begitu besar. Yaitu, menjadikan acara MAKESTA I ini berlanjut dan bisa jadi salah satu ikhtiar kami untuk melebarkan sayap IPNU dan IPPNU dan juga kami ingin di MAKESTA I ini jadi momen bersejarah bagi panitia maupun peserta” Ucap Moh. Ary Hidayad sebagai CO Keacaraan.

Salah satu mahasiswa UIM tersebut juga menambahkan. “Silahkan buat momen kalian masing-masing di MAKESTA I ini, Karena apa-apa yang menjadi pertama akan di kenang sampai kapanpun”.

Acara pembaiatan berjalan dengan lancar dan tanpa ada rintangan yang dibuktikan dengan kondusifitas dan kekhidmatan dalam acara pembaitan ini. “selamat kepada kalian yang sudah di baiat, kalian akan menjadi saksi MAKESTA I di PAC IPNU IPPNU Proppo ini, Dan saya harap kalian akan memberikan konstribusi yang nyata dalam rangka menyebarkan IPNU dan IPPNU di wilayah kalian masing-masing” Ucap Ketua PC IPNU PAMEKASAN (Badrud Tamam, S. E)

Editor: Faqih

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.