Ngobrol Masalah Cinta Yuk!!

bagusnyaBy : W Eka Wahyudi

Eh, rekan-rekanita yang lagi galau. Di dunia remaja, kata cinta seperti nafas yang selalu berhembus. Keberadaannya sangat akrab sekaligus membingungkan bagi kita. Kadang menyenangkan, namun seringkali juga dapat menyedihkan. Agar rekan-rekan tak salah dalam mengartikan cinta, yuk simak tulisan berikut ini.

  1. Cinta Murni
  2. Cinta Romantis

Kedua jenis cinta ini ada karakteristik atau ciri-ciri tersendiri lho. OK langsung saja.

  1.        Cinta Murni

Karakter/ ciri paling sederhana dari cinta ini adalah, mengatakan pada masing-masing pasangannya jika “Aku cinta padamu WALAU,,,,,,,,” ini adalah sebuah ungkapan komitmen yang mendalam tentang cinta yang direalisasikan dari perasaan setiap insan untuk menerima pasangan apa adanya, bukan ada apanya. Dan, cinta inilah yang hanya dimiliki oleh seorang Ibu kepada anaknya. Selain itu? no comment dech,,hehehe

2.       Cinta Romantis

Karakter paling gampang untuk cinta ini adalah jika pasangan anda mencintai anda dengan mengatakan “Aku cinta padamu KARENA,,,,,,”. Kalu sudah kata2 ini yang diucapkan, maka cinta yang terjalin tidak lain adalah berdasarkan tendensi atau kepentingan2 sesaat. Biasanya untuk senang2 aja, sering keluar bareng hanya untuk bersenang2. Tapi setelah bosen biasanya langsung dech buyar. Walau permasalahannya tidak sesederhana ini, tapi cinta jenis ini adalah cinta yang punya maksud terselubung atau bahasa gaulnya, penuh dengan modus,,,hehehe

Oh iya, dari masing-masing jenis cinta itu ada ciri2 yang setidaknya bisa kita jadikan pedoman.

  1. Cinta murni :1. Memandang dan menjalani cinta sebagai komitmen
    1. Menikmati kebebasan dalam tapal batas
    2. Berjangka panjang
    3. Tahu dan sadar bahwa cintanya belum matang, makanya selalu berusaha memperbaiki diri dan memperbaiki hubungan.
    4. Aku cinta padamu WALAU/MESKIPUN,,,,,,,

2.Cinta romantis :

1. Perasaan ini mendorong para pecinta untuk memproyeksikan hasrat/kehendak meraka yang terpadu pada orang yang dicintai (artinya: menyalurkan hasrat dalam hatinya untuk pemuasaan nafsu perasaan)

2. Karena perasaan2 berfluktuasi dan proyeksi2 tidak bisa diprediksi, cinta ini hampir selalu berjangka pendek.

3. Aku cinta padamu KARENA,,,,,,,

5 RUKUN CINTA

Seperti halnya agama –karena cinta adalah anugerah fitrah dari Allah swt kepada manusia- maka cinta itu menjadi bathal jika tidak memenuhi rukun2 dibawah ini.

  1. Siap menerima
  2. Siap memperhatikan (perhatian)
  3. Siap menghargai
  4. Siap mendukung
  5. Siap memberi peluang untuk berkembang

Bagaimanakah dengan Sayang? Berkenaan dengan rasa SAYANG, merupakan bagian/ pintu masuk dari apa yang kita namakan CINTA, maka dari itu jika kita berkomitmen mencintai pasangan, maka mau tidak mau harus menyayanginya,,,dalam bentuk apa???ya kelima rukun cinta itulah intepretasi dan penerapan rasa SAYANG anda pada pasangan anda. Masih bingung ya??hehe

Saya ibaratkan gini, Cinta adalah Aku dan Sayang adalah angggota aku. Ini tanganku tapi tanganku bukan aku, ini topiku tapi topiku bukan aku,  ini rambutku tapi rambutku bukan aku. Jadi cinta itu lebih luas dan mengutuh, dan sayang adalah bagian atau anggota badan dari cinta. Terkadang sebagian dari kita salah kaprah menganggap bahwa sayang lebih utama dari cinta  padahal tidak,,cinta terlalu luas untuk diperbandingkan dengan rasa sayang dan cintapun bila tidak diaplikasikan dengan rasa sayang akan cacat. Jadi ada hubungan yang sangat erat antara cinta dan sayang….!!! Aasyeek…3x

saya  akan membuat sedikit tulisan yang mungkin bisa kita renungkan. Jadi dibacanya pas mau tidur aja biar greget-nya dapet,,,hehehe

ketahuilah, karena tak ada masalah yang terlahir kecuali sebagai proses pendewasaan diri bagi kita. Kau tahu dengan apa dendam membersihkan kesumatnya?dengan maaf. Dengan apa perasaan resah mencuci gelisahnya? Dengan prasangka baik pada pasangan.

Terkadang kita bertanya kepada Rindu, “untuk apa kau mendatangiku?”. Kita dan rindu bahkan tidak pernah kenal. Tapi anehnya Rindu pun menjawab: “Aku mendatangi diriku sendiri”

Setiap yang bernafas, setiap yang terlahir sebagai manusia pasti memiliki sisi unik yang bernama rahasia dalam hidupnya yang tidak ingin ia berikan kecuali pada seorang saja. Rahasia itu bermula pada perasaan yang tumbuh subur dalam sanubari terdalam serta dan terlahir melalui syaraf sensor motorik insaniyah yang mengantarkannya dalam bentuk “share” bernama cinta.

Jika hujan seakan bagai romantisme keakraban, dan matahari sebagai rasa resah dan gelisah. Maka kita memerlukan keduanya agar bisa menciptakan pelangi dalam perjalanan cinta kita.

 “Cinta tak perlu diteori-teorikan sebenarnya. Sejatinya ketulusan tidak berwarna, kesetiaan tak bernama. Cinta tetaplah cinta yang utuh, tanpa indikator dan atribut-atribut aksesoris, tanpa symbol dan tanpa tanda semiotic apapun. Cinta tak perlu nama dan hamburan kata-kata, sebab cinta sudah fasih berbahasa isyarat”
(Eka)

 

 

 

 

 

2 Comments

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.