Kencong – PAC IPNU IPPNU Kecamatan Jombang, mengadakan kegitan Masa Kesetiaan Anggota yang (Makesta) merupakan gerbang pertama untuk menjadi kader IPNU IPPNU yang diadakan di PP. Nurul Mubin Desa Sarimulyo, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jember. Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 44 calon rekan dan calon rekanita. Selain peserta dari desa Sarimulyo sendiri, peserta dari eksternal pun turut bergabung dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari, yaitu dimulai pada hari Selasa pagi (15/12), yang dibuka dengan Opening Ceremony dan dilanjut dengan materi pertama, yaitu Ke-Aswaja-an. Kegiatan Makesta berakhir pada hari Rabu (16/12) pada pukul 08.00.

Tidak hanya materi Ke-Aswajaan yang diberikan saat Makesta, namun juga banyak materi lainnya seperti kepemimpinan, keorganisasian, ke-NU-an, ke-IPNU-IPPNU-an dan CBP-KPP. Tujuan pemberian materi ini, selain sebagai syarat masuk dalam organisasi pelajar NU, juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai seluruh seluk beluk NU, serta agar jiwa-jiwa pelajar NU terpatri di dalam diri calon anggota baru pelajar NU.

Menurut KH. Abdul Haris selaku pengasuh PP. Nurul Mubin kegiatan ini, adalah kegiatan yang sangat bagus. Karena Makesta adalah gerbang pertama untuk bergabung menjadi kader IPNU IPPNU.

“Kita ini orang NU, apapun yang didalam NU insyaaAllah barokah. KH. Hasyim Asy’ari berkata bahwa siapa saja yang mengurus NU akan diakui sebagai santrinya dan siapa saja yang dianggap santrinya ia do’akan khusnul khotimah beserta anak cucunya”. Ucap KH. Nurul Mubin menambahkan.

Muammar Qathavi, sebagai Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU IPPNU Kecamatan Jombang menyampaikan bahwa, kegiatan ini adalah gerbang pertama dan proses pertama untuk menjadi kader IPNU IPPNU. Setelah kegiatan ini usai, kita akan berprogres bagaimana PR Sarimulyo untuk kedepannya, yang nantinya akan kita rundingkan bersama.

Selain itu, peserta Makesta ini lebih banyak peserta laki-laki. Jadi, itulah yang menjadi ciri khas dari kegiatan Makesta ini.

Pewarta: Alaikin Nabiilah

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.