Cluring, Banyuwangi – Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU IPPNU kecamatan Cluring melaksanakan kegiatan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) yang bertema, “Membentuk Anggota yang Bervisi Kebangsaan dan Berlandaskan Ahlusunnah Wal Jamaa’ah“. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 11 Oktober 2020 yang bertempat di Kantor MWCNU kecamatan Cluring.

SERIUS : Pemateri menyampaikan materi di pelatihan Makesta

“Ada 42 peserta, yang terdiri dari 23 IPNU dan 19 IPPNU. Dari keseluruhan peserta merupakan perwakilan dari beberapa desa di kecamatan Cluring. Kegiatan ini dilaksanakan karena memberikan wadah yang baik bagi pemuda dan pelajar NU di dalam berorganisasi.” Ujar Mu’amar Najmut Saqib selaku ketua panitia Makesta.

Rekan Saqib sapaan karibnya menambahkan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menanamkan nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah di kalangan pelajar dan pemuda NU. Harapan setelah dilaksanakannya kegiatan ini yaitu supaya membentuk kader NU yang bisa menjadi pemimpin di masa depan yang berakhlakul karimah.

“Setalah beberapa waktu tidak ada regenerasi formal, akhirnya PAC IPNU IPPNU kecamatan Cluring melaksanakan Makesta kembali. Walaupun kegiatan ini dilaksanakan di tengah masa pandemi, akan tetapi semangat dan antusias peserta tidak surut dan justru malah bertambah. Kegiatan ini dilaksanakan hanya 1 hari, tidak seperti lazimnya Makesta di tempat lain.” Terang Mufatikatul Ulya selaku ketua PAC IPPNU kecamatan Cluring.

Hal itu kami laksanakan, lanjutnya, untuk menjaga protokol kesehatan tetap terlaksana dengan baik. Selain itu kami juga ingin menanamkan sikap disiplin waktu kepada seluruh masyarakat, karena kalau tidak dengan disiplin waktu yang baik maka kegiatan makesta ini pasti akan terhambat, baik dari segi materi maupun waktu kepulangan peserta.

“Harapan dari dilaksanakannya kegiatan ini semoga para peserta dapat menyerap materi yang diberikan dengan baik, mereka dapat aktif andil dalam kegiatan yang akan dilakukan PAC, mereka mendapat ilmu baru dan bermanfaat serta mereka bisa menjadi kader penerus perjuangan para ulama yang militan dan berakhlak mulia.” Imbuhnya.

“Saya sangat bersyukur karena dilaksanakannya kegiatan Makesta PAC IPNU IPPNU kecamatan Cluring terutama di masa pandemi yang jarang sekali adanya kegiatan Makesta. Terimakasih karena acara ini sudah dapat menambah wawasan tentang ke-NU-an dan dapat mempertemukan dengan teman-teman lama. Harapan saya semoga PAC IPNU IPPNU kecamatan Cluring semakin berkembang dan semoga akan ada acara-acara lanjutan entah itu jangka pendek atau jangka panjang.” Ungkap Anatus Solehah peserta Makesta. (des/bun)

Pewarta : Destyan Nico P.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.