LAKMUD IPNU IPPNU Wuluhan, Jember

Wuluhan, Jember – Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU IPPNU kecamatan Wuluhan melaksanakan kegiatan Latihan Kader Muda (Lakmud) yang bertema “Intelektualisasi Kader Muda NU Menuju Generasi Yang Militan dan Profesional”. Kegiatan ini di laksanakan pada tanggal 15-18 Oktober 2020 di MI Nurul Islam Lojejer-Wuluhan.

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah 28 peserta. 12 peserta IPNU, 16 peserta IPPNU. Dari 28 peserta itu 23 berasal dari internal PAC IPNU IPPNU kecamatan Wuluhan dan 5 peserta dari eksternal PAC (2 dari PAC Balung dan 3 dari PAC Ambulu).

“Kegiatan ini dilaksanakan karena Latihan Kader Muda ini merupakan suatu kebutuhan dalam suatu organisasi, seperti halnya kehidupan nyata, kalau kita menempuh pendidikan pasti ada jenjang SD, SMP, SMA, dan seterusnya. Di IPNU IPPNU juga sama, jadi ada pendidikannya juga yaitu mulai dari Makesta, LAKMUD, LAKUT dan seterusnya.

Mengikuti jenjang pengkaderan dengan baik dan tertib, supaya ilmu yang di dapatkan juga teratur. Sehingga ketika menjalankan organisasi bisa lebih baik karna kita sudah punya ilmunya. Tujuan umum dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan loyalitas anggota serta kader IPNU IPPNU disetiap jenjang struktural organisasi baik dalam struktur PR, PK, maupun PAC dan seterusnya”. Ujar Diah Ayu Ambar Wati Selaku Ketua Panitia.

Rekanita Ayu sapaan akrabnya menambahkan, Sementara tujuan khususnya untuk  Meperdalam ilmu keagamaan berdasarkan kaidah ASWAJA An-Nahdliyyah, memahami prinsip dalam kepemimpinan dan berorganisasi secara utuh, mengetahui perangkat metode analisis sosial dasar, menumbuhkan rasa tanggung jawab dan bersikap dalam bermasyarakat, memahami bagaimana problematika pendidikan di Indonesia untuk menunjang pengetahuan dan kemampuan peserta dibidang pendidikan, memahami ilmu kesetaraan gender sesuai dengan materi yang di berikan pada kegiatan ini. Harapan dari dilaksanakannya kegiatan ini tentu, Alumni Lakmud 2020 ini diharapkan dapat menjadi generasi yang militan dan profesional sesuai dengan tema kegiatan.

“Menurut saya Lakmud kemarin sangat baik untuk dilaksanakan dan diikuti tentunya. Hal itu karena kader yang terbaik adalah dia yang mau diproses dan berproses. Banyak ilmu, wawasan, teman dan masih banyak lagi yang kami dapatkan. Dari lakmud kemarin kami diproses bagaimana kami bisa menjadi kader yang intelek, militan, profesional sesuai harapan PAC dengan diadakannya Lakmud tersebut”. Ungkap Yogi Dwi Pangestu Selaku Delegasi Dari Ranting Sidorejo Grintingan.

Rekan Yogi menutup dengan harapan, untuk kedepannya semoga kami bisa berproses mengamalkan apa yang kami dapat dalam Lakmud tersebut. Yang terakhir semoga PAC IPNU IPPNU Wuluhan tetap solid dan kompak dalam mencetak kader-kader penerus perjuangan ulama yang militan.

Pewarta: Destyan Nico P.

Editor: Faqih Muhammad

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.