IPNU Jatim bentuk Intruktur Visioner

Kaderisasi merupakan roh organisasi, apalagi IPNU yang merupakan garda terdepan kaderisasi Nahdlatul Ulama (NU). sebagaimana pernyataan Abah Hasyim Muzadi “IPNU-IPPNU merupakan organisasi kader, bukan organisasi masa. Maka kegiatan yang dilakukan harus 60% berorientasi pada kaderisasi”.

IPNU Jatim sadar betul akan pentingnya kaderisasi dalam IPNU, maka agar dapat melakukan kaderisasi dengan baik, dibutuhkan tim instruktur visioner yang diharapkan mampu untuk mengawal kaderisasi IPNU kedepan menjadi lebih baik, intruktur yang mampu memetakan dan menentukan arah kaderisasi yang berbasis kebutuhan, bukan keinginan. Dengan demikian IPNU Jawa Timur membuat pelatihan yang disebut LATIN (Latihan Instruktur) Jawa Timur.
LATIN ini merupakan Latin pada zona II, yang terdiri dari 3 korda, yaitu metropolis, Madura dan pantura. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari, mulai tanggal 11 sampai 14 Juli 2017 di SMK Wachid Hasjim Maduran Lamongan Jatim. Latihan ini mendatangkan pemateri kelas Nasional, untuk materi ideology disampaikan oleh Kiayi Ma’ruf Khozin. selain itu, hadir penulis buku kaderisasi IPNU, Samanhudi, dan mantan ketua PP IPNU sekaligus Intruktur Nasional Muchit Efendi.

Dalam Latihan Intruktur ini, peserta bukan hanya diajari teoritik, namun juga praktik, bandingannya adalah 40% teori, dan 60% praktik. Hal ini diharapkan para peserta setelah mengikuti pelatihan ini akan mendapatkan ketrampilan langsung bagimana memanagement pelatihan mulai darai pra, pelaksanaan dan pasca pelatihan. Selain itu, para peserta juga dibekali, materi keinstrukturan, falsafat dan prinsip pelatihan, metode dan media pelatihan, psikologi pelatihan dan juga metodologi evaluasi pelatihan.

Menurut Sekretaris Kaderisasi IPNU Jatim, Kegiatan ini diharapkan mampu menjadi penggerak untuk perubahan dan eksistensi para pelajar, khususnya pelajar NU. sesuai dengan tema yang diangkat yaitu “membentuk intruktur visioner, demi eksistensi kader”. Maka mereka, setelah ini akan kita control trus, bahkan kita mewajibkan kepada para peserta pasca pelatihan untuk melakukan PANCADHARMA Instrukur.” Ungkap Mufarrihul Hazin.

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.