IPNU-IPPNU Probolinggo Gelar Diklatama CBP dan KPP

Probolinggo
Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kota Probolinggo menggelar Pendidikan dan Latihan Pertama (Diklatama) Corps Brigade Pembangunan (CBP) dan Korps Pelajar Putri (KPP) di Bumi Perkemahan Bremi Desa Bremi Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo.

Diklatama ini mengambil tema “Revitalisasi Karakter Budaya Bangsa di Kalangan Pelajar Santri dan Remaja”. CBP dan KPP sendiri adalah lembaga semi otonom IPNU dan IPPNU yang bergerak dalam pengkaderan, kepanduan, kedisiplinan serta penguatan wawasan kebangsaan dalam membela negara.Kegiatan ini diikuti oleh 160 orang peserta yang berasal dari Pimpinan Komisariat (PK), Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan ranting IPNU-IPPNU se Kota Probolinggo. Mereka mendapatkan berbagai materi diantaranya tentang IPNU-IPPNU, CBP dan KPP, leadership, lintas alam, komunikasi dan kerja sama tim, pelatihan dasar bela diri, PBB, SAR dan pecinta alam.

Ketua PC IPNU Kota Probolinggo Masyhuri Nurzah mengatakan Diklatama merupakan salah satu pintu pengkaderan IPNU-IPPNU selain Makesta (Masa Kesetiaan Anggota).

“Saya berharap kegiatan ini nantinya dapat menelurkan kader-kader yang punya kredibilitas dan loyalitas tinggi terhadap organisasi,” ujarnya.

Menurut Masyhuri, Diklatama ini bertujuan untuk membangun kesadaran para pelajar Indonesia, khususnya di internal IPNU-IPPNU akan tugas berat dalam mempertahankan kelangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Selain itu untuk membentuk watak dan rasa kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan dan masyarakat, membangun watak dengan mengembangkan nilai-nilai pengabdian pada kegiatan sosial kemanusiaan, menambah wawasan tentang kebangsaan, memahami CBP-KPP dan memahami eksistensi IPNU-IPPNU,” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua PC IPPNU Kota Probolinggo Khoirun Nisa’. Menurutnya, Diklatama ini dimaksudkan untuk memberikan bekal kepanduan, kedisiplinan, kemanusiaan, pengabdian alam dan lingkungan hidup serta menciptakan generasi IPNU-IPPNU militan serta mampu mengemban amanah Nahdlatul Ulama yang berfaham Ahlussunnah wal Jamaah.

“Melalui Diklatama ini diharapkan kader CBP dan KPP IPNU-IPPNU Kota Probolinggo nantinya bisa membentuk karakter, watak dan dedikasi maupun loyalitas terhadap organisasi dan masyarakat serta berguna dan menjadi pelopor pembangunan kepemudaan daerah dan peduli lingkungan,” ungkapnya.

Sumber : NU Online

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.