Kegiatan Pra atau sebelum Konferensi Anak Cabang (KONFERANCAB) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Mojowarno adakan sebuah program kegiatan dengan melibatkan seluruh Pimpinan Ranting (PR) IPNU IPPNU se Kecamatan Mojowarno. “Sebelum Konferancab kami dari Departemen Organisasi adakan kegiatan yang dikemas dengan nama Klasterisasi dan Akreditasi khusus untuk Pengurus Pimpinan Ranting se Mojowarno, yang mana Klasterisasi ini merupakan untuk pengelompokan Ranting kedalam 3 Zona yaitu Hijau, Kuning dan Merah” kata Herlina Dwi Aryani Koordinator Organisasi.

Lebih lanjut disampaikan Herlina ini berkata bahwa sebelum adanya akreditasi maka perlu untuk melakukan klasterisasi yang telah dilaksanakan selama bulan Januari 2021, dari hasil Klasterisasi itu dapat disimpulkan dengan melihat tolak ukur seberapa persen dari stekholder, lembaga dan letak geografisnya PR IPNU IPPNU se Mojowarno. “kami membuat adanya klasterisasi menjadi tolak ukur penilaian kegiatan akreditasi Ranting, dimana kami langsung terun ke seluruh Desa Se Mojowarno untuk melaksanakan penilaian secara langsung” jelasnya.

Sudah menjadi tradisi PAC IPNU IPPNU Mojowarno dengan branding kegiatan-kegiatan yang memiliki feedback positif dan bermakna kedepan terbaiknya IPNU IPPNU di Mojowarno salah satunya diadakanya penilaian-penilaian yang secara langsung turun ke Ranting-Ranting tersebut. Sementara itu Imam Safi’i selaku Ketua PAC IPNU Mojowarno menjelaskan sedikit tujuan dari program-program tersebut serta alur alur dari kegiatan akreditasi ranting dengan output yang sangat baik.

“adanya klasterisasi merupakan pengelompokan yang artinya kita tidak mendeskriminasi terhadap setiap Ranting tetapi tujuan kami mengelompakkan kedalam 3 zona yaitu untuk melihat tolak ukur seberapa persen nya kemajuan dan perkembangan Ranting yang ada di Mojowarno, agar kami bisa melakukan pendampingan yang lebih dan khusus lagi ke Ranting tergolong zona merah atau klaster 1 supaya tingkat kesuksesan di masing masing ranting menyeluruh dan rata, setelah adanya penilaian akreditasi berdasarkan klasterisasi kami mengambil tiga nominasi terbaik dari masing masing klaster atau zona” kata laki-laki yang kerap disapa Imam ini.

Imam mengatakan pengambilan tiga nominasi Ranting terbaik berdasarkan hasil klaster atau zona dinilai secara tepat berdasarkan masing masing zona, setlah itu akan ada presentasi setiap nomiasi ranting yang terpilih dilaksanakan pada hari Selasa, 23 Maret di Graha MWC NU Mojowarno yang diikuti oleh 1 IPNU 1 IPPNU dari setiap nominasi. Sementara itu imam juga menyampaikan pesan dan harapan kepada seluruh Pimpinan Ranting yang belum masuk kategori nominasi supaya tidak pantang menyerah dalam menghidup hidupi NU melalui IPNU IPPNU di masing masing Desanya dengan harapan Pimpinan Ranting yang telah melaksanakan penilaian baik di klasterisasi maupun akreditasi agar tetap istiqomah dalam meningkatkan kinerja di setiap Ranting.

“Dari seluruh Pimpinan Ranting se Mojowarno harapan besar kami yaitu tetap memperbaiki apa yang perlu di perbaiki, menambah apa yang kurang, dan berusaha menyelaraskan kinerja organisasi ini sesuai dengan peraturan-peraturan serta petunjuk pedoman baik organisasi, kaderisasi maupun adminitrasi supaya menjadikan Ranting IPNU IPPNU se Mojowarno ini maju, sukses dan bermanfaat untuk semuanya” pungkas Imam.

Kontributor : Ana

Editor: Faqih

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.