LAKMUD IPNU IPPNU Bondowoso

LAKMUD IPNU IPPNU Bondowoso, Usung Tema Kader CERIA (Cerdas, Kreatif, Inovatif, dan Berhaluan Aswaja)

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU dan IPPNU) kabupaten Bondowoso melaksanakan kegiatan Latihan Kader Muda (Lakmud). Kegiatan ini bertema membentuk kader yang CERIA (Cerdas, Kreatif, Inovatif dan Berhaluan ASWAJA). Kegiatan Lakmud dilaksanakan di Aula PCNU Bondowoso pada 2-4 Oktober 2020.

“Kegiatan ini diikuti oleh 13 orang peserta, yang terdiri dari 8 IPNU dan 5 IPPNU. Kegiatan ini dilaksanakan karena merupakan kebutuhan dari PC IPNU IPPNU Bondowoso karena melihat minimnya kader Lakmud di masing-masing kecamatan yang ada di kabupaten Bondowoso.” Ujar Aries Yumita Indriani selaku ketua panitia kegiatan Lakmud.

Rekanita Mita sapaan akrabnya menambahkan, Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah Lakmud merupakan jenjang kaderisasi formal kader muda NU dari kalangan pelajar. Tujuannya, agar lebih militan dan memahami tentang ke-NU-an maupun kebangsaan. Harapannya yaitu peserta bisa mengaplikasikan hasil dari Lakmud untuk PAC, PK dan PR di tempatnya masing-masing.

Selaras dengan itu, Rekan Ungkap Fathorosi selaku Waka II bidang Kaderisasi PC IPNU Bondowoso. Menerangkan kegiatan ini dilaksanakan karena yang pertama, ini merupakan kebutuhan dari PC IPNU IPPNU kabupaten Bondowoso. Yang kedua alasan diadakannya kegiatan ini adalah karena banyaknya anggota IPNU maupun IPPNU yang sudah termakesta di tiap PAC, PK maupun PR yang ada di kabupaten Bondowoso.

“Harapan kami peserta yang lulus atau sudah mengikuti Lakmud saat ini bisa menjadi kader yang militan dalam organisasi, mempunyai jiwa pemimpin dan bisa menjadi orang yang selalu berpartisipasi dalam pengembangan maupun kemajuan organisasi IPNU IPPNU di tiap daerah mereka masing-masing. Selain itu juga harapan kami kualitas peserta lakmud bisa membantu PC dalam memajukan IPNU IPPNU kedepannya.” Imbuhnya.

Anggota Departemen Kaderisasi PW IPNU Jawa Timur Moh. Awang Nuryaddin mengatakan, Lakmud yang diadakan oleh PC IPNU IPPNU Kabupaten Bondowoso merupakan ikhtiar pengkaderan. Dalam pelaksanaannya, para peserta ditempa dengan materi yang bersifat ideologi, wawasan dan skill. Melalui materi-materi tersebut, diharapkan mampu meningkatkan kapasitas potensi kader IPNU IPPNU di Kabupaten Bondowoso. Melihat kondisi IPNU IPPNU di Kabupaten Bondowoso hari yang minim kader, dengan Lakmud ini juga diharapkan mampu menambah kader-kader yang militan.

“Dilaksanakan Lakmud oleh PC IPNU IPPNU kabupaten Bondowoso menurut saya cukup bermanfaat, menyenangkan untuk membentuk kader-kader yang baru yang milenial dan untuk terselenggaranya lakmud tersebut kami para peserta khususnya saya pribadi sangat berterimakasih atas ilmu-ilmu yang bermanfaat. Disini kita dibentuk sebagai kader yang sanggup memimpin, memanagemen organisasi serta menjadi kader yang Multitalent dan sanggup bersaing di masa yang akan datang.” Ucap Ahmad Muzayyin selaku peserta delegasi dari PAC IPNU kecamatan Pujer.

Rekan Muzayyin sapaan akrabnya berpesan, Pesan saya untuk panitia adalah lebih diperbaiki lagi dalam struktur kepanitian dan kedisiplinanya, agar bisa menjadi contoh bagi kader-kader yang dilatih. Selain itu saya juga terkesan karena kegiatan ini menyenangkan, bermanfaat dan memberikan wawasan Luas. Harapan saya untuk pimpinan cabang IPNU IPPNU kabupaten Bondowoso adalah dapat menjalani tugas sesuai amanat yang telah dikomitmenkan, bisa lebih baik kedepannya dan bisa membentuk kader-kader NU yang bisa meneruskan perjuangan para Ulama’.

Pewarta: Destyan Nico P.

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.