Jendral Soedirman

Muncar, Banyuwangi- kenang jasa pejuang sekaligus santri, pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU-IPPNU Kecamatan Muncar gelar Nobar film “Jendral Soedirman” tepat pada Hari Santri Nasional, kamis (22/10).

Kegiatan yang di landasi untuk memperingati Hari Santri Nasional dilaksanakan dengan sederhana. Dengan menonton dan meneladani sosok sang Jendral Soedirman. Seorang Jendral negara Indonesia yang ternyata adalah seorang santri.
Film yang dibintangi oleh Adipati Dolken ini sangat menarik, sehingga antusias dari kalangan milenial sangat tinggi, terlihat dari puluhan orang yang memenuhi aula kantor MWC NU Muncar.

Dalam sambutan dan pengantar nobar film “Jendral Soedirman” Ketua PAC IPNU Muncar Achmad Firdausi Masduqi mengatakan bahwa selepas Indonesia memproklamasikan kemedekaanya, bukanlah Indonesia yang merdeka 100% atau Indonesia yang aman seperti sekarang ini.

Ia berkata disinilah sosok Jendral sudirman diuji jiwa kesatriaanya. Dalam kondisi yang tidak sehat beliau memimpin pasukannya melakukan perang grilya untuk memerdekakan Indonesia.

“hal inilah yang perlu kita teladani. bukan dalam segi perperangannya melainkan dalam segi perjuangannya.” Ungkapnya.

Ada hal yang tidak banyak orang tau, lanjutnya, bahwa jendral soedirman adalah seorang santri. “Jendral Soedirman adalah murid dari KH. Subchi Parakan, kyai yang dikenal dengan sebutan Kyai Bambu Runcing. Sedangkan kai Subchi merupakan cucu dari KH. Abdul Wahab seorang pengikut setia dari Pangeran Diponegoro,” terangnya.

Ia juga berharap dengan ini bisa menjadi penyemangat atau motivasi rekan rekanita IPNU IPPNU se- kecamatan Muncar dalam berjuang dan berproses. Karna tiada kejayaan tanpa adanya perjuangan.

Senada itu, Sekretaris MWCNU Kecamatan Muncar Ali Mukhsin berkata sia-sialah kegiatan yang begitu bagus seperti ini, apabila hanya menjadi tontonan semata tanpa adanya meneladani perjuangan Jendral Soedirman dalam film “Jendral Soedirman”.

” Saya berharap, ada bekas perjuangan jendral soedirman didalam diri kita, sehingga kita bisa mewarisi perjuangan besar sang jendral dalam mempertahankan NKRI.” Harapannya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.