TERBANTU: Para Relawan nampak memberikan arahan kepada pelajar sebelum proses pendampingan belajar.

Jombang – Program IPNU Educare dari PW IPNU Jawa Timur sudah berjalan sejak awal Agustus. Beberapa daerah telah melaporkan pelaksanaanya, salah satunya PR IPNU IPPNU Pacarpeluk Megaluh Jombang. Ada yang unik dari pelaksanaan program IPNU Educare di Desa Pacarpeluk. Pasalnya, di desa ini para pelajar NU Pacarpeluk tak hanya menggandeng kadernya untuk menyukseskan program tapi juga bersinergi dengan Pemerintah Desa. 

“H-2 sebelum launching kami sowan ke bapak kepala desa untuk izin tempat. Tanpa kami duga, beliau memberikan respon dukungan terhadap kami. Bapak kepala desa juga tak segan meminjami kami LCD dan proyektor sebagai alat penunjang belajar Santri Educare kami.” Tutur Ghulam, Ketua Ranting IPNU.

Laila Ketua IPPNU menambahkan bahwa “ini bukan kali pertama pemerintah desa mendukung program positif kami, malah pemdes selalu memfasilitasi kegiatan positif kami. Hal ini membuat kami bertambah semangat dalam menghidupi semangat dakwah organisasi kami”. Remaja yang juga owner Kedai Literasi NUP ini menambahkan, bahwa pemdes bahkan membuatkan basecamp khusus untuk organisasi remaja seperti Karang Taruna, IPNU-IPPNU dan Pagarnusa supaya lebih bersemangat dalam membuat program inspiratif.

Beberapa orangtua siswa mengaku sangat terbantu oleh program yang diinisiasi PW IPNU Jatim ini. Karena sebelum program ini dilaksanakan, mereka sering kewalahan menghadapi anak-anak mereka sedangkan sebagian dari mereka juga harus bekerja. “Alhamdulillah, di Pacarpeluk diadakan program seperti ini. Selain saya bisa menyisihkan uang membeli kuota untuk keperluan rumah tangga, anak saya juga lebih fokus belajar karena sudah ada mbak-mbak dan mas-mas yang mendampingi.” Ujar salah seorang wali siswa.

“Semoga kami bisa menebar maslahat dan berguna bagi desa ini sesuai segmen kami sebagai pelajar.” tutur Essa, salah satu pendamping belajar program IPNU Educare di Pacarpeluk.

Pewarta: Lail

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.