IPNU-IPPNU Probolinggo Gelar Latihan Kader Muda

Probolinggo, IPNU Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Puteri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kota Probolinggo menggelar Latihan Kader Muda (Lakmud) angkatan pertama di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Sunan Giri Kelurahan Triwung Kidul Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo, Ahad (20/1).

Lakmud yang diikuti oleh sedikitnya 116 pelajar MTs dan MA se Kota Probolinggo ini dibuka secara resmi oleh Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Probolinggo Maksum Subani.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua PC IPNU Kota Probolinggo Masyhuri Nurzah dan Ketua PC IPPNU Kota Probolinggo Khoirun Nisa’ beserta segenap pengurus. Tampak pula beberapa Ketua PAC IPNU-IPPNU se Kota Probolinggo.

“IPNU-IPPNU merupakan tahapan organisasi kader NU pemula. Oleh karena itu NU juga akan memperhatikan dan mendorong dapat menerima tongkat estafet kepemimpinan dari NU,” jelas Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Probolinggo Maksum Subani.

Melalui kegiatan Lakmud ini Maksum Subani berharap agar mampu menciptakan kader nahdliyin yang berpegang teguh terhadap ajaran Islam Ahlussunnah wal Jama’ah (Aswaja). Mempunyai kesadaran sosial yang tinggi, memiliki pengetahuan yang mendalam dan keterampilan yang memadai dalam berorganisasi.

”Lakmud adalah pelatihan yang menekankan pada pembentukan watak, motivasi pengembangan diri dan rasa memiliki organisasi dan keterampilan berorganisasi,” jelasnya.

Sementara Ketua PC IPNU Kota Probolinggo Masyhuri Nurzah mengungkapkan lakmud ini merupakan jenjang kaderisasi muda yang bertujuan untuk menanamkan paham aswaja kepada kader muda, pembentukan kader pilihan dan militant serta peningkatan sumber daya manusia.

“Melalui kegiatan ini kami berharap agar mereka yang awalnya hanya menjadi pengurus di PAC bisa melompat estafet ke jenjang selanjutnya di tingkat cabang. Oleh karenanya, IPNU-IPPNU merasa bertanggung jawab dan perlu untuk menata kader-kader NU selanjutnya,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua PC IPPNU Kota Probolinggo Khoirun Nisa’. Menurutnya, kegiatan Lakmud ini merupakan sarana untuk mencetak generasi-generasi penerus yang akan melanjutnya perjuangan kader-kader NU saat ini.

“Kami berharap Lakmud ini mampu menghasilkan kader-kader yang memiliki integritas kepribadian, berwawasan luas, kritis serta mampu mengembangkan organisasi. Selain itu, memiliki rasa kebersamaan yang tinggi,” terangnya.

Materi yang disajikan dalam Lakmud ini cukup variatif. Selain materi utama seperti ke-IPNU-IPPNU-an dan ke-NU-an, juga ada materi tentang Ahlussunnah wal Jama’ah (Aswaja), keorganisasian, managemen, teknis persidangan hingga leadership.

Kontributor: Syamsul Akbar

Sumber : NU Online

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.