Meriahnya Halal Bihal IPNU-IPPNU Paciran

Lamongan, Momen Syawal selalu menjadi ajang kaum muslimin untuk melakukan istihlal, meskipun sebenarnya hal tersebut bisa saja dilakukan kapan saja dan dimana saja. Akan tetapi sudah menjadi adat kebiasaan di Indonesia Istihlal selalu dilaksanakan setelah hari raya Idul Fitri.

Menanggapi hal tersebut, ketua PAC. IPNU Paciran, Miftahuddin menjelaskan hal tersebut dilakukan untuk menjaga eksistensi kemenangan yang telah diraih umat Islam selama Ramadhan.

“Jika kita menilik fase pada bulan Ramadhan, sudah pasti perilaku hidup dan organisasi lebih meningkat. Hal ini terjadi karena didalam puasa ada tarbiyah atau pendidikan yang menggodok manusia di kawah candradimukannya. Ramadhan juga memberikan kita kebersihan jiwa raga karena  dalam fase tersebut ada pintu rahmat, mahgfiroh yang akan mengantarkan umat Islam terbebas dari belenggu api neraka. Kalau ketiganya ini dapat dicapai, maka kesucian lahir batin bukanlah hal sulit” ungkapnya saat memberikan sambutan halal bihalal PAC. IPNU-IPPNU Paciran di Desa Tanggul, Paciran, Lamongan, Rabu (4/9/13).

Sementara itu, Hindun Wahyuni, Ketua IPPNU Paciran mengatakan Halal bi Halal atau Istihlal ini sengaja diselenggarakan karena sudah sesuai dengan rentetan program kerja yang telah ditetapkan. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan dakwah untuk saling bermaafan kepada sesame.

“Kegiatan ini dihadiri oleh semua ranting dan komisariat IPNU IPPNU se Anak Cabang Paciran sebagai bagian dari syiar Islam dan warisan budaya yang harus terus di jaga kelestariannya” pungkasnya.

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.