REUNI AJM 2016, MENCARI DAN BERBAGI ILMU

JEMBER, PW IPNU JATIM –  Aliansi Jurnalis Muda(AJM) Jatim mengadakan reuni ke-2 alumni diklat jurnalistik yang diselenggarakan oleh PW IPNU Jatim 2014 lalu pada 18-19 Juni 2016. Reuni tahun ini diadakan di Kabupaten Jember, tepatnya di PP.Al-Falah Karangharjo Silo Jember. (19/06)

Reuni tahun ini berbeda dengan reuni tahun lalu yang dilaksanakan di Kabupaten Banyuwangi. Pasalnya, reuni yang berlangsung selama 2 hari ini diisi dengan agenda Diskusi “Cyber Jurnalistik”, nonton bareng foto kenangan diklat, musyawarah anggota, kelas kepenulisan santri, dan berkunjung ke Teluk Love.

Menurut Adil, salah seorang alumni yang tak lain tuan rumah reuni tahun ini mengatakan bahwa Jember menjadi pilihan reuni 2016 ini karena antusias beberapa alumni yang berasal dari Jember sungguh besar.

Reuni ini dibuka secara langsung oleh K.H. Moh. Ma’mun Jauhari salah satu pengasuh PP.Al-Falah. Acara pembukaan diikuti oleh 20 peserta yang berasal dari Jember, Sumenep, Banyuwangi, Probolinggo, dan santri PP.Al-Falah.

“Reuni akan kita adakan tiap tahun sebagai pengikat silaturrahmi dan tindak lanjut dari diklat yang diadakan oleh PW IPNU Jatim 2014 lalu di tiga daerah. Madura, Lamongan, dan Jombang.” Kata Ahmad Faizi Raziqi sebagai koordinator alumni dalam sambutannya.

Reuni ini memang tidak dihadiri oleh pengurus PW IPNU Jatim sebagai penyelenggara diklat di tahun 2014, karena banyaknya agenda wilayah yang tak memungkinkan untuk menghadiri kegiatan temu AJM ini. Namun dukungan terus diberikan oleh Rekan PW IPNU Jatim pada anggota AJM untuk ikut berpartisipasi dalam mengisi website resmi PW IPNU Jatim.

Bukan hanya itu, menurut Firda koordinator acara reuni, dengan adanya kegiatan reuni ini diharapkan Rekan-Rekanita AJM baik angkatan 1, 2, dan 3 mampu mengembangkan bakat minat di bidang literasi maupun jurnalistik dengan membentuk program jangka panjang, misalnya dengan adanya website AJM, kelas kepenulisan santri untuk pesantren-pesantren di Jawa Timur.

AJM

Ada beberapa kegiatan yang terlaksana pada reoni yang ke 2 ini, yakni pertama Ilmu Barudi Diskusi Interaktif “Cyber Jurnalistik” Diskusi Interaktif “Cyber Jurnalistik” menjadi agenda favorit reuni tahun ini. Pasalnya, diskusi ini dipandu oleh pemateri dari Kompas.com, Ira Rahmawati. Diskusi ini membahas fenomena pemberitaan di media sosial, penggunaan media sosial oleh remaja, dan manajemen media sosial untuk berkarya. Diskusi yang berlangsung selama 2 jam tersebut mendapat apresiasi dari para peserta, dengan adanya tanya jawab seputar langkah awal untuk menulis di media sosial.

Kedua, Kelas Kepenulisan Santri, Cara Alumni Berbagi Setelah adanya diskusi, Minggu 19 Juni diadakanlah kelas kepenulisan santri yang dipandu oleh para anggota AJM. Kelas ini diikuti oleh santriwati PP.Al-Falah selama 4 jam di lingkungan pesantren. Materi yang diberikan mulai dari motivasi untuk menulis, langkah awal menulis, praktik menulis tentang diri sendiri, praktik menulis lingkungan sekitar, analisis berita, dan pengelolaan dasar blog.

Dan yang terakhir jalan-jalan ke teluk Love sebagai agenda penutupan,  “Hujan, 1 persen adalah air, 99 persen sisanya adalah kenangan” Begitu kata Ira, narasumber diskusi Cyber Jurnalistik. Kalimat tersebut yang memotivasi para alumni untuk Melawan Hujan demi menuju Teluk Love yang berlokasi Kecamatan Ambulu daerah selatan Kabupaten Jember. Hujan deras melanda selama 2 jam perjalanan para jurnalis muda tersebut. Namun hujan tidak menghalangi semangat kawanan AJM untuk mengeksploresalah satu destinasi wisata Jember tersebut. Mulai dari selfie di pantai dan puncak, buka puasa bersama, hingga membuat video dokumentasi perjalanan.

Kegiatan Temu Alumni ini dikemas sedemikian rupa untuk menarik minat para alumni lainnya untuk hadir di kegiatan reuni selanjutnya. Maka diharapkan di tahun depan, antusias alumni lebih besar dalam mencari dan berbagi ilmu yang diwadahi dengan kegiatan reuni tersebut. (Aidy Firda/Tau)

One thought on “REUNI AJM 2016, MENCARI DAN BERBAGI ILMU”

  1. Tiap tahun kudu ada jadual ke Jember! Andai tidak pada saat liburan santri, lebih baik. Biar banyak yg ikut. Latih kami menulis lebih baik ya…. ☺

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *