Napak Tilas Kerajaan Airlangga Bersama IPNU-IPPNU Sambeng

Lamongan, Bertepatan dengan pertemuan rutin kader-kader IPNU-IPPNU Sambeng, empat Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU di Lamongan selatan menggelar Seminar Kebudayaan di Pendopo Balai Desa Sambeng dan dihadiri oleh Camat setempat. Keempat Pimpinan Anak Cabang tersebut yakni PAC. IPNU-IPPNU Sambeng, Ngimbang, Mantup dan Bluluk, Ahad (22/9/13).

Seminar yang bertemakan “Napak Tilas Peradaban Kerajaan Sebagai Bentuk Pengembangan Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan” dengan narasumber dari Badan Arkeologi Kabupaten Lamongan ini menyoroti berbagai peninggalan kerajaan Airlangga yang dulu pernah ada di wilayah geografis Kecamatan Sambeng dan sekitarnya.

Arkeolog dari Badan Arkeologi Kabupaten Lamongan, Supriyono mengatakan saat ini pihaknya secara intens sedang melakukan penelitian dan pencarian peninggalan-peninggalan bersejarah dari kerajaan Airlangga yang pernah berjaya di Lamongan, khususnya di wilayah geografis Kecamatan Sambeng dan sekitarnya.

Lebih lanjut, Sipriyono menjelaskan bahwa Kerajaan Airlangga dipimpin oleh seorang raja yang bernama Airlangga yang naik tahta saat masih berusia 16 tahun. Namun, dalam masa kepemimpinannya yang baru berusia seumur jagung itu, kerajaannya mendapatkan serbuan dari kerajaan lain sehingga mengakibatkan kerusakan yang luar biasa secara fisik dan sosial.

Setelah peristiwa penyerbuan tersebut, perlahan namun pasti raja Airlangga sedikit demi sedikit mulai menata kembali kerajaannya yang telah porak poranda tersebut. Dan akhirnya, raja yang terkenal low profil itu berhasil membawa kerajaannya dipuncak kejayaan.

Selain itu, aktifis prasasti ini juga menjelaskan tentang asal usul nama Lamongan yang berasal dari kata MONG yang berarti Harimau. Sehingga, watak dan karakter orang Lamongan terlihat sangat pemberani, energik dan penuh semangat layaknya Harimau.

Disamping dihadiri oleh Arkeolog dari Badan Arkeologi Lamongan, kegiatan ini juga dihadiri oleh Nur Salim dari LSM Jaringan Masyarakat Lamongan “JAMAL” dan Winarto Eka Wahyudi dari PW. IPNU Jawa Timur.

 

One thought on “Napak Tilas Kerajaan Airlangga Bersama IPNU-IPPNU Sambeng”

  1. Kami segenap PAC IPNU-IPPNU Sambeng Lamongan mengucapkan terima kasih kpd PW. IPNU Jatim khususnya bwt Rekan Eka Wahyudi yang sudah berkenan dalam acara kami,semoga allah membalas semua yang sdh dilakukan,..
    selamat belajar, berjuang dan bertaqwa.,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *